www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

CSIS Sebut Hilirisasi Bukan Solusi Segala Persoalan

0

PODCASTNEWS.ID – Peneliti Senior Departemen Ekonomi Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Deni Friawan mengkritisi solusi yang ditawarkan oleh salah satu pasangan calon di Pilpres 2024, yang selalu mengandalkan program hilirisasi sebagai solusi segala persoalan.

“Namun yang perlu diperhatikan dan perlu diketahui, bahwa hal itu tidak berarti bahwa kita bisa melakukan hilirisasi atau memperluas hilirisasi ini kepada seluruh komoditas sumber daya alam yang kita miliki sebagaimana yang diutarakan oleh cawapres nomor 2, karena kita tidak semua hal masalah itu jawabannya adalah hilirisasi. Hilirisasi itu bukan teh sosro yang apapun makanannya minumnya teh sosro, jadi bukannya apapun masalahnya jawabannya hilirisasi,” ucap Deni pada Senin (22/1/2024).

Dia menambahkan, walaupun Indonesia memiliki Sumber daya Alam (SDA) yang banyak, namun bukan selalu berarti bahwa Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dari mengolah produk-produk hilirisasi dari SDA itu sendiri.

Memiliki kepemilikan SDA atau kedekatan sumber daya alam dengan industrinya bukanlah merupakan faktor utama atau faktor yang penting dari keberhasilan hilirisasi industri dari sumber daya itu.

“Tetapi terdapat banyak faktor lain yang lebih penting seperti misalnya kesediaan energi, kesediaan infrastruktur, ketersediaan sumber daya manusia yang mencukupi, ketersediaan pasar yang luas, dan yang paling penting yang seringkali dilupakan oleh pemerintah kita adalah adanya kepastian hukum itu yang kita tidak miliki,” tegasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.