www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Jokowi Minta KPU Ubah Format Debat

0

PODCASTNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan usulannya mengubah format debat Pilpres 2024 sebagai evaluasi semua pihak, termasuk ketiga pasangan calon (paslon) capres dan cawapres.

Respons itu Jokowi sampaikan untuk menanggapi capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang heran dan mempertanyakan mengapa seorang presiden ikut mengomentari gelaran debat pilpres.

“Saya berbicara untuk ketiga calon, dan untuk perbaikan-perbaikan ke depan. Juga untuk introspeksi kita semuanya. Untuk evaluasi kita semuanya,” kata Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (9/1/2024).

Jokowi kemudian menegaskan dirinya tidak membela salah satu paslon saja. Ia kembali menyatakan usulannya ke KPU itu ditujukan kepada semua peserta Pilpres 2024.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menganggapi debat ketiga Pilpres 2024 yang dinilainya tidak edukatif, karena banyak serangan yang bersifat personal.
Menurut dia, serang menyerang wajar dalam debat asalkan seputar kebijakan atau visi. Bukan personal.

“Saling menyerang enggak apa-apa tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang. Bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira enggak baik dan enggak mengedukasi,” kata Jokowi, di Serang, Senin (8/1/2024).

Jokowi menganggap masyarakat pasti kecewa dengan debat ketiga yang digelar KPU pada Minggu (7/1/2024).

KPU, kata dia, perlu memperbaiki format debat agar lebih edukatif bagi masyarakat luas.

“Saya kira akan banyak yang kecewa, sehingga debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi, ada rambu-rambu sehingga hidup,” ujarnya.

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan sendiri, mengaku terkejut mendengar Presiden Jokowi ikut mengomentari debat capres yang digelar pada Minggu (7/1/2024).

Dia mengaku tak ingin berkomentar lebih atas pandangan Jokowi, namun Anies menyerahkan penilaian tersebut kepada masyarakat yang melihat tingkah orang nomor satu di Indonesia itu.

“Saya malah agak terkejut Pak Presiden kok berkomentar soal debat ya? Jadi saya tidak mau berkomentar terlalu banyak dah, biar publik aja nanti yang menilai,” kata Anies di Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Anies hanya membantah pandangan Jokowi yang menilai perdebatan malam itu disebut banyak menyerang pribadi capres lain. Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, hal yang dibahas adalah kebijakan yang dilakukan Menteri Pertahanan, bukan menyerang sosok Prabowo.

“Malah aneh kalau dipandang sebagai personal, ini sama sekali tidak ada yang personal, semuanya adalah tentang kebijakan. Bisa direview ulang kok apa yang kemarin dibahas,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.