www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Makna “Wakanda No More” yang Sering Diucapkan Anies

0

PODCASTNEWS.ID – Istilah “Wakanda” kembali viral setelah Capres nomor urut 1, Anies Baswedan sering menyebutkannya dalam beberapa kali pidato politik, termasuk saat closing statement di debat perdana capres 2024 yang digelar KPU, Selasa 12 Desember 2023 malam.

Wakanda sendiri diketahui merupakan negeri fiktif yang ada di Marvel Universe, dan menjadi tempat kelahiran super hero bernama Black Panther. Negeri ini dikenal sebagai negeri yang tertutup, namun memiliki teknologi yang maju berkat pemanfaatan vibranium, dan di sisi lain sangat menghargai, serta menjaga budayanya.

Dalam penggunaan sehari-hari di kalangan netizen, kata “Wakanda” adalah sebutan lain dari nama negara Indonesia yang sering dipakai oleh warganet. Istilah ini banyak ditemukan dalam caption dan kolom komentar di berbagai platform media sosial.Umumnya, kata “Wakanda” digunakan oleh warganet di Tanah Air untuk mengekspresikan kekecewaan terhadap kebijakan pemerintah atau perilaku sesama warganya.

Pada intinya, “Wakanda” berfungsi sebagai sebuah ungkapan atau komentar terhadap segala sesuatu yang memiliki stigma negatif di dalam negeri.Penggunaan istilah ini menjadi cara bagi warga Indonesia untuk mengekspresikan kekecewaan atau mengkritik berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat dan tata kelola negara.

Pamungkas

Seperti diketahui, Capres Anies Baswedan menirukan gaya ‘Wakanda Forever’ ala Black Panther saat sampaikan kata penutup di debat capres perdana, Selasa (12/12/2023). “Maka saya sampaikan wakanda no more Indonesia forever,” tutup Anies.Sebelumnya Anies sampaikan bahwa anak-anak muda perlu menyadari pemilu tentang masa depan, memilih yang serius menjadi presiden bukan yang main-main.

Sehari setelah debat, Anies juga terlihat mengenakan kaos bertuliskan “WAKANDA NO MORE INDONESIA FOREVER” dalam lawatannya ke Riau. Semboyan yang disampaikannya dalam pernyataan pamungkas saat debat capres di KPU RI, Selasa (12/12/2023) lalu itu akan menjadi simbol baru komitmennya untuk kebebasan berbicara di Indonesia. 

“Saya selalu sampaikan kita memberikan ruang kepada kebebasan berbicara, itu komitmen sejak zaman di Jakarta,” ujarnya kepada wartawan usai menggelar “Desak Anies” bersama para pedagang di pasar Riau, Rabu (13/12/2023). “Siapa saja boleh berkata apa saja dan tidak ada pelaporan kepada penegak hukum dan tidak usah merasa takut. Dan, itu juga jadi komitmen kita untuk Indonesia ke depan,” sambung Anies.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.