www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Iklan Ajakan Minum Susu Prabowo Tuai Kontroversi

0

PODCASTNEWS.ID – Iklan layanan masyarakat yang berisi ajakan minum susu yang dibuat oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), karena diduga melibatkan melibatkan anak-anak dalam kegiatan kampanye.

Sebelumnya sempat beredar cuplikan video yang menampilkan beberapa anak-anak di dalamnya. Anak-anak itu tampak tersenyum dengan sambil memegang segelas susu.  Dalam cuplikan lain tampak sajian makanan berada di hadapan anak-anak yang digambarkan sedang tersenyum itu.  Mendekati akhir video tampak tulisan “Generasi Indonesia Maju”, di sebelahnya juga ditampilkan sosok kartun yang tampak seperti salah satu capres Pilpres 2024. 

Kemudian video ditutup dengan tulisan “Prabowo Gibran 2024 Bersama Indonesia Maju”. Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono buka suara soal pelaporan ke Bawaslu RI atas dugaan melanggar ketentuan kampanye. “Tidak ada anak-anak yang dilibatkan dalam pembuatan video iklan tersebut. Ini murni kreasi Artificial Intelligence atau AI dari teks menjadi gambar yang di-generate melalui AI,” ujar Budi kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Budisatrio menyebut, pihaknya sangat berpegang teguh kepada aturan perundang-undang yang berlaku. Satu di antaranya UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. “Dalam pasal 1 poin 1 dijelaskan, Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Dalam iklan tersebut tidak ada anak-anak dalam artian fisik dan identitas. Tidak ada aktor anak-anak,” jelasnya. Politisi Partai Gerindra ini juga menjelaskan pihak TKN taat dalam melaksanakan melaksanakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang mengatur tidak diperbolehkannya anak di bawah umur untuk mengikuti kegiatan kampanye ataupun aktivitas politik.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.