www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Luhut Dapat Tambahan Energi Setelah Dikunjungi Jokowi

0

PODCASTNEWS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya memberikan kabar perihal kondisi kesehatannya yang kini berangsung membaik. Pria berusia 76 tahun tersebut membenarkan bahwa hampir satu bulan lebih, ia menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Singapura akibat penyakit yang dialaminya.

“Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses “recovery” tubuh pasca sakit yang saya alami,” tulis Luhut dalam postingan terbaru di Instgram miliknya @luhut.pandjaitan, Sabtu 4 November 2023. Dia juga menjelaskan alasan mengapa ia lebih memilih perawatan di RS Singapura ketimbang dirawat di dalam negeri.

“Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura. Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura,” ungkapnya.

Suami dari Devi Simatupang ini juga bercerita bahwa selama hampir satu bulan lebih, ia tidak diperbolehkan memegang ponsel karena harus fokus pada proses pemulihan kesehatannya. “Karenanya, pada hari-hari pertama di sini, praktis saya hanya ditemani tim dokter, ajudan, serta istri dan anak saya. Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab—semua harus lewat tangan para ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam.

“Papa, focus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu.” Begitu ucapan istri dan anak saya. Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini,” sambung mantan Dubes Singapura periode 1999-2000 tersebut.

Penugasan Khusus

Pria kelahiran 28 September 1947 yang banyak mendapatkan penugasan khusus dari Presiden Jokowi ini, mengaku baru beberapa hari terakhir diperkenankan kembali memegang ponsel dan menerima kunjungan dari kerabat dan atasannya yakni Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin. “Sekarang, saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya.

Saya juga sudah mulai menerima kunjungan Presiden @jokowi, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, para Menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali,” kata Luhut. Dia akuinya, sikap pantang menyerah yang diperoleh semasa aktif di Kopassus serta pertolongan Tuhan Yang Maha Esa lah yang membuatnya bisa tetap hidup hingga hari ini.

“Kalau saya ditanya apa dorongan terbesar yang membuat saya bisa sembuh meski usia saya tidak muda lagi ? Jawabannya ada dua hal. Pertama, karena sikap pantang menyerah yang saya pelajari semasa di Kopassus. Kedua, dan yang paling penting adalah kasih dan pertolongan Tuhan YME. Ada pepatah mengatakan bahwa kita tak akan pernah mengetahui arti sesuatu hal sampai kita kehilangannya, dan saya mengamini hal ini.

Kita tak akan pernah mengetahui nikmatnya hidup sehat sampai kita jatuh sakit,” ujarnya. Terakhir, Luhut juga berpesan bahwa sebagai manusia kita boleh menyombongkan diri. “Marilah selalu ingat dan waspada dalam setiap ucapan dan tindakan. Manusia seperti kita hanyalah kepingan kecil dihadapan takdir dan kuasa Tuhan, maka dari itu kita tidak boleh menyombongkan diri,” pungkasnya.

Membaik

Presiden Jokowi sendiri mengatakan telah menjenguk Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Inverstasi (Menkomarinves) Luhut Pandjaitan di Singapura pada Jumat, 3 November 2023. Menurut dia, kondisi Luhut telah membaik. Presiden menyatakan kunjungan itu dia lakukan saat pulang dari kunjungan kerja di Balikpapan pada Jumat kemarin. Tak langsung menuju Jakarta, presiden singgah terlebih dahulu di Singapura.

“Saya kemarin dari Balikpapan langsung mampir dulu ke Singapura untuk menjenguk Pak Luhut dan alhamdulillah kondisi beliau semakin membaik,” kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu pagi, 4 November 2023.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.