www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Mandalika Dicoret dari WSBK 2024

0

PODCASTNEWS.ID – Sirkuit Mandalika tidak masuk kalender ajang World Superbike untuk musim depan, dengan mengacu pada kalender yang dirilis organisasi WSBK pada Kamis. Dalam kalender yang dirilis oleh WSBK, musim 2024 akan diselenggarakan di 12 sirkuit, termasuk dua sirkuit baru.

Namun setelah selama tiga tahun rutin menggelar balap WSBK, kali ini Sirkuit Mandalika tidak dimasukkan sebagai tuan rumah. WSBK memasukkan dua sirkuit baru untuk musim depan, yakni Sirkuit Balaton Park di Hungaria, dan Sirkuit Cremona di Italia. Sejak melakukan debut WSBK di Sirkuit Mandalika pada 2021, sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu tidak pernah absen menyelenggarakan ajang WSBK sebelum kalender musim depan dirilis.

Dengan tidak dimasukkan Sirkuit Mandalika, praktis pada musim depan sirkus WSBK sama sekali tidak menyambangi Asia. Semua balap WSBK musim depan dilakukan di Eropa, dengan perkecualian seri pembuka di Sirkuit Phillip Island, Australia. Sejak 2013, ini merupakan pertama kalinya WSBK tidak menggelar balapan di Asia, dengan mengesampingkan musim 2020 saat pandemi COVID-19.

Rumor Sirkuit Mandalika tidak masuk jadwal kalender WSBK 2024 sudah muncul sejak pemerintah, melalui InJourney, berencana menghapus balapan Superbike dari Mandalika. Hal itu diungkapkan Direktur Utama InJourney Dony Oskaria saat rapat dengan Komisi VI DPR pada Juni lalu.

Dikabarkan, InJourney tengah menyiapkan sejumlah event balap mobil seperti Porche sebagai pengganti WSBK yang rencananya bakal dihilangkan dari Sirkuit Mandalika. Usulan penghapusan ajang WSBK didasari karena acara ini menderita kerugian Rp30 miliar hingga Rp100 miliar. Utamanya karena tingginya commitment fee yang harus dibayar sementara acara tersebut kurang menarik penonton dan investor. 

Menteri BUMN Erick Thohir pada Juli 2023, sempat menyatakan pihaknya masih melakukan negosiasi dengan Dorna Sports untuk mengurangi biaya commitment fee. WSBK merupakan seri balapan internasional pertama yang digelar di Sirkuit Mandalika pada November 2021. Terakhir WSBK Mandalika digelar pada 4-5 Maret lalu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.