www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Roy Suryo Sebut Rungkad Tak Pantas Dinyanyikan di Istana

0

PODCASTNEWS.ID – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Roy Suryo memberikan kritikan keras terhadap acara HUT 78 RI yang diselenggarakan di Istana Negara Jakarta.

Kritikan Roy Suryo kali ini soal lagu Rungkad yang menggema di Istana Negara, saat perayaan HUT RI ke-78 yang dinilai menodai kesakralan peringatan tersebut. Apalagi, kata Roy Suryo, makna atau arti kata Rungkad sendiri dalam bahasa jawa yang berarti jebol atau mirip dengan kata ambyar. 

“Jadi, memang ada perluasan arti. Tapi, ini dalam bahasa tradisional, apa yang terjadi itu, maksudnya mau benar, tapi tidak benar. Maksudnya mau betul tapi jadi salah,” kata Roy Suryo dalam talkshow yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta, Selasa 22 Agustus 2023. Kekecewaan Roy pada peringatan di era Pak Jokowi, lantaran terlihat tak lagi hidmat. Padahal seharunya, dipisahkan antara peringatan dan kemeriahananya.

Tak hanya menyoroti yang bernada negatif, Roy juga mengapresiasi sejumlah variasi dalam rangkaian acara memperingati HUT RI di Istana.  “Bagus, ketika ada variasi, ketika dulu-dulu gak ada kereta kencana yang membawa bendera dari Monas ke Istana. Itu modifikasi yang bagus,” tuturnya.

Sayangnya kata Roy, lagu Rungkad yang dinyanyikan usai upacara bendera, dinilai menodai kesakralan proses peringatan HUT RI. Apalagi, jika diperhatikan secara seksama, menurut Roy lirik lagu Rungkad terdapat kata-kata keras.  “Justru itu, ini kan berbahaya. Ada lagu, saya gak tahu siapa konsultannya. Yang kemudian mengizinkan lagu itu dinyanyikan,” jelas Roy.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.