www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Lakukan Ini Seharusnya jika Ada Masalah Pengibaran Bendera

0

PODCASTNEWS.ID – Viral di media sosial video seorang pelatih pasukan pengibar bendera (paskibra) di Lampung Selatan terjatuh dari tiang bendera saat upacara 17 Agustus. Sang pelatih hendak memperbaiki bendera yang tersangkut tapi tak disangka tiang itu justru patah.

Peristiwa itu terjadi di lapangan Desa Kertosari, Kecamatan Tanjung Sari pada Kamis (17/8/2023) pagi. Berikut ini adalah contoh masalah yang mungkin terjadi saat upacara dan SOP cara mengatasinya.

1. Kerekan Macet

Jika terjadi masalah seperti ini, salah satu petugas bisa memperbaiki kerekan tersebut. Kemudian, upacara tetap dilanjutkan setelah kerekan sudah dibetulkan.

2. Tali Kerekan Putus

Saat tali kerekan putus, petugas pengibar bendera harus berusaha menangkap bendera yang jatuh. Jangan sampai bendera merah putih terjatuh hingga menyentuh tanah. Setelah itu, bendera direntangkan tegak lurus sampai upacara selesai. Setelah selesai menyanyikan lagu Indonesia Raya, bendera dilipat sesuai dengan ketentuan untuk disimpan kembali.

3. Tiang Bendera Roboh

Petugas pengibar bendera harus sigap dan berusaha menangkap tiang bendera yang roboh. Bila tidak memungkinkan untuk diperbaiki dalam waktu singkat, bendera cukup direntangkan oleh petugas pengibar hingga lagu kebangsaan Indonesia Raya usai dinyanyikan. Setelah itu, bendeta dilipat dan disimpan kembali.

4. Bendera Terbalik

Ada dua kemungkinan penyebab bendera terbalik saat dikibarkan, yaitu pemasangan tali yang salah atau kesalahan saat membentangkan. Jika masalah terjadi karena salah pemasangan tali atau kaitan, petugas pengibar bendera segera memperbaikinya dengan cara melipat bendera sesuai dengan ketentuan, memasang tali atau kaitan dengan benar, lalu merentangkannya kembali. Jika bendera terbalik hanya karena salah membentangkan tetapi pemasangan tali atau kaitan sudah benar, petugas pengibar bendera cukup membetulkan posisi bendera dengan menukar tegangan atau menariknya saja.

5. Cuaca Buruk atau Hujan

Jika cuaca buruk atau hujan deras terjadi sebelum upacara dilaksanakan, upacara bisa ditunda atau dibatalkan. Bagaimana jika cuaca buruk atau hujan saat upacara sedang berjalan? Upacara tetap dilanjutkan sampai bendera di puncak tiang bendera dan lagu kebangsaan selesai dinyanyikan.

Nah, dengan mengetahui SOP ini, petugas tidak perlu panik saat terjadi masalah. Kepanikan hanya akan mengurangi kekhikmatan upacara bendera yang dilaksanakan dan mengurangi nilai-nilai yang ingin ditanamkan saat pelaksanaan upacara. Berusaha tenang, tidak usah kasak-kusuk, jalankan prosedur yang sudah diberikan, maka upacara akan tetap berjalan dengan lancar.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.