www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Faisal Basri: Hilirisasi Indonesia Hanya Dukung Industrialisasi China

0

PODCASTNEWS.ID – Ekonom Faisal Basri menyoroti kebijakan hilirisasi yang dinilai tidak menguntungkan. Menurutnya, hilirisasi tidak lebih jauh menguntungkan ketimbang negara menggenjot industrialisasi.

“Sayangnya tidak ada kebijakan industrialisasi, yang ada adalah kebijakan hilirisasi. Beda, kalau industrialisasi memperkuat struktur perekonomian struktur industri meningkatkan nilai tambah di dalam negeri,” jelasnya dalam Diskusi Indef, seperti dikutip dari YouTube Channel Indef, Kamis (10/8/2023).

Dia mencontohkan soal hilirisasi nikel menjadi NPI dan feronikel. Data yang dikantonginya menyebut kalau 99 persen hasilnya itu diekspor ke China. “Kalau hilirisasi sekedar dari bijih nikel menjadi NPI atau jadi feronikel, NPI dan feronikelnya 99 persennya diekspor ke China.

Jadi hilirisasi di Indonesia nyata-nyata memdukung idustrialisasi di China,” bebernya. Faisal menyebut kalau paling besar, Indonesia hanya menikmati 10 persen dari proses hilirisasi nikel. “Dan sungguh hilriisasi itu kita gak dapat banyak, maksimum 10 persen, 90 persennya lari ke China,” tegasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.