www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Pemain Tertua di Piala Dunia Pernah Bermain di Liga Indonesia

0

PODCASTNEWS.ID – Tua-tua keladi makin tua makin jadi, adalah pepatah yang tepat untuk menggambarkan tiga sosok pesepakbola yang tercatat dalam sejarah Piala Dunia FIFA sebagai pemain tertua yang pernah berlaga di putaran final pesta sepakbola terbesar sejagad ini.

Dikutip dari Opta Analyst, hingga perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar berlangsung, rekor pemain tertua yang pernah berlaga di Piala Dunia masih belum terpecahkan dan disandang oleh 3 pemain berikut ini:

1. Essam El-Hadary
(45 tahun, 161 hari) 

Penjaga gawang Mesir ini menjadi pemain tertua yang berlaga di Piala Dunia saat melakoni laga melawan Arab Saudi pada 25 Juni 2018.

Saat pertandingan tersebut, usia Essam telah menginjak 45 tahun 161 hari.

Pemain yang pernah mengantarkan Mesir 4 kali juara Piala Afrika ini juga baru baru pensiun pada tahun 2020 lalu saat usianya telah menginjak 47 tahun.

Lepas pensiun sebagai pemain, Essam El-Hadary juga tidak jauh-jauh berkarir dari sepakbola. Sejak 2021, Essam tercatat sebagai pelatih kiper di Timnas Mesir yang kini sedang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar.

2. Faryd Mondragón
(43 tahun, 3 hari)

Penjaga gawang Kolombia ini menjadi pemain tertua kedua yang berlaga di Piala Dunia saat melakoni laga melawan Jepang pada 24 Juni 2014. Saat pertandingan tersebut, usia Faryd telah menginjak 43 tahun 3 hari.

Pemain yang memiliki nama lengkap Faryd Camilo Mondragón Alí ini sebenarnya memiliki darah keturunan Libanon, namun lahir dan besar di Kolombia.

Faryd sendiri memutuskan pensiun usai berlaga di Piala Dunia 2014 Brasil. Sepanjang karirnya, Faryd tercatat 51 kali membela timnas Kolombia.

3. Roger Milla
(42 tahun, 39 hari)

Penyerang Kamerun ini menjadi pemain tertua ketiga yang berlaga di Piala Dunia saat melakoni laga melawan Rusia pada 12 Juni 1994. Saat pertandingan tersebut, Roger Milla sudah menginjak usia 42 tahun 39 hari.

Pertandingan antara Kamerun vs Rusia di tanggal tersebut yang berakhir untuk kemenangan Rusia 6-1, juga mencatat rekor lainnya, di mana Roger Milla yang berhasil menjaringkan gol ke gawang Rusia menjadi pemain tertua yang pernah mencetak gol di Piala Dunia yang hingga kini rekornya belum terpecahkan.

Selain itu,  pemain Rusia Oleg Salenko juga berhasil mencatatkan rekor sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol dalam satu pertandingan dengan lima gol yang juga belum terpecahkan hingga kini.

Nama Roger Milla sendiri tidak asing bagi publik sepakbola di Tanah Air karena pernah merumput di Liga Sepakbola Indonesia pada tahun 1994 hingga 1996.

Roger Milla pertama kali didatangkan oleh klub Pelita Jaya dan bermain selama satu musim. Selanjutnya Roger Milla melanjutkan petualangannya di Indonesia bersama klub Putra Samarinda hingga 1996.

Setelah itu Roger Milla memutuskan untuk kembali ke Kamerun dan pensiun di klub Tonnerre Yaoundé tahun 1999 saat usianya menginjak 46 tahun.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.