www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

”Bosan” di Gambir, Ahok akan Pindahkan Kantor Pertamina dan Bangun Lapangan Golf di IKN

0

PODCASTNEWS.ID – Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan kantor Pusat Pertamina yang selama ini berada di Gambir, Jakarta bakal bertahap pindah ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dengan begitu, kata Ahok, seluruh kantor Pertamina nantinya akan makin dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini juga menindaklanjuti komitmen pemerataan pembangunan yang sebelumnya disebutkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. “Presiden kan inginnya ada pemerataan pembangunan,” kata Ahok.

Ahok menyebutkan, di masa yang akan datang, kantor Pertamina yang berlokasi di DKI Jakarta itu hanyalah kantor perwakilan. “Nah yang mungkin yang harus pindah pertama itu PT Kilang Pertamina dan PT Pertamina Hulu Energi.”

Sebelumnya, Ahok telah bertemu dengan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di Balai Kota pada Senin, 10 Juli 2023. Pada kesempatan itu, Ahok juga menyampaikan rencana perpindahan kantor Pertamina tersebut.

Saat ini Pertamina sudah memiliki sejumlah kantor di Balikpapan. Rinciannya adalah industri hulu migas antara lain ada PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur. Dari industri hilir migas ada PT Kilang Pertamina Balikpapan, Pertamina Gas (Pertagas), Pertamina Patra Niaga, hingga Pertamina Shipping.

Di Balikpapan, Pertamina pun punya kawasan perumahan dan apartemen, lengkap dengan berbagai sarana olahraga seperti lapangan tenis, lapangan basket, kolam renang, hingga lapangan golf. Tak hanya itu, ada juga stadion Parikesit yaitu stadion legendaris yang ada di benak setiap pencinta sepakbola Kota Minyak karena menjadi markas klub Persiba.

Sewa

Stadion ini sudah tinggal kenangan karena sudah diruntuhkan dan di atas lahannya dibangun bengkel kerja untuk kilang yang baru. Lebih lanjut, mantan Bupati Belitung Timur itu menjelaskan, selama ini di Jakarta, Pertamina menyewa kantor di atas lahan seluas 92 ribu meter persegi.

Kantor ini yang menjadi kantor pusat Pertamina ada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, satu kawasan bisnis utama Jakarta. “Nilai sewanya Rp328 miliar per tahun. Jadi, juga tidak murah,” kata Ahok. “Bayangkan kalau 92 ribu meter persegi itu kita bangun di Balikpapan, di Kaltim, ini kan sesuatu yang akan memeratakan.”

Nantinya, kantor Pertamina di Balikpapan itu bakal dibangun di pesisir Teluk Balikpapan. “Dan saya kira yang bisa segera membangun ya Pertamina. Kita kan banyak kegiatan disini. Yang penting Pak Wali Kota dukung, sudah pasti, deh,” ucap Ahok.

Dalam rencana pemindahan kantor Pertamina ini, kata Ahok, juga akan disiapkan pemindahan kantor dan pangkalan Pelita Air Service yang merupakan maskapai milik BUMN migas tersebut. Satu layanan Pelita adalah angkutan kargo, di antaranya adalah kargo BBM ke kota terpencil di perbatasan.
Selain pindah kantor Pertamina juga berencana membangun kawasan resort hingga pusat penelitian dan pengembangan atau research and development center di kawasan Ibu Kota Negara atau IKN. Ahok mengatakan Pertamina adalah investor yang nyata bagi IKN.
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap investasi Pertamina di IKN bisa terwujud dalam waktu dekat. Pertamina menargetkan sebelum Agustus 2024 akan ada investasi yang terealisasi.

Lapangan Golf

Sementara itu, Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi menyambut baik dukungan perusahaan pelat merah tersebut.
“Pertamina rencana akan membangun kawasan resort 1.000 kamar, lapangan golf 36 holes, rumah sakit, universitas bertema vokasi, dan pusat research and development,” ungkap Thomas.
Selain itu, dia menyampaikan Pertamina juga akan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disiapkan untuk menunjang kemudahan berusaha di IKN, seperti tax holiday, super tax deduction, dan berbagai fasilitas kemudahan berusaha lainnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.