www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Lionel Messi Ahli Fisika?

0

PODCASTNEWS.ID – Piala Dunia Qatar sudah di depan mata. Mata dunia sebentar lagi akan fokus pada aksi-aksi para bintang sepakbola di lapangan hijau, dan salah satunya adalah mega bintang Lionel Messi.

Bicara tentang sepakbola memang tidak bisa dilepaskan dari sosok satu ini, terlebih mengacu pada data dan rekor yang dimilikinya sejauh ini.

Messi sering kali dianalogikan sebagai alien oleh para pengamat, pelatih, bahkan sesama pesepakbola. Kemampuannya mengolah bola, menciptakan peluang, hingga mengeksekusinya dengan jitu kerap membuat kita menggelengkan kepala.

Yang menjadi pertanyaan bagi kita, apakah ini hanya berhubungan dengan skill atau keterampilan bermain bola? Atau sesungguhnya Messi juga dikarunia kejeniusan   mate-matika dan fisika yang diterapkan di lapangan hijau?

Kemampuan mantan superstar Barcelona yang kini merumput bersama Paris Saint Germain ini bahkan membuat para ilmuan fisika di berbagai belahan dunia untuk menelitinya.

Tendangan Mematikan

Seorang ilmuan bernama Rajpal Brar meneliti dan menjelaskan rahasia dari tendangan bebas seorang Messi yang begitu mematikan. Eksekusi tendangan bebas Messi kerap membuat penjaga gawang hanya terpana melihat bola bersarang di jala gawang.

Sang ilmuan menggambarkan, ketika Messi menendang bola, ia menggeser pinggulnya ke kanan saat dia berusaha menendang dengan kaki kirinya. Dan apa yang dilakukan pada kaki kanannya adalah menggeser semua beban ke bagian luar kaki.

Jadi ketika dia mengikuti dan menendang bola, kaki kirinya bergerak dari kiri ke kanan. Sekarang semuanya berjalan ke luar pergelangan kaki kanannya. Posisi ini menggambarkan bagaimana situasi pergelangan kaki anda ketika terkilir. Dengan kata lain, jika melakukan seperti yang dilakukan Messi, dipastikan pergelangan kaki kita akan terkilir.

Dr Rajpal menyebut itu sebagai “inversion sprain” di mana Messi melatih tubuhnya untuk menahan gerakan itu.

Sebuah media sport ternama asal Spanyol, Marca menganalisa kaki Messi saat melakukan tendangan bebas memiliki sudut 50 derajat. Dia menanam hampir seluruh sepatunya di tanah sebelum mengenai bola, memberinya stabilitas dan kontrol dalam tembakan.

Bahkan Departemen Fisika di Universitas Barcelona mengatakan dia menggunakan Efek Magnus, yakni kejadian fisika tentang perbedaan tekanan udara, untuk melakukan tendangan bebas.

Ibarat Elang

Skil Messi lainnya yang sering membuat decak kagum adalah kemampuan dribling atau menggiring bola. Coba kalian tonton tayangan-tayangan Messi bermain, kedua matanya ibarat elang yang tidak pernah berhenti membaca situasi di lapangan, begitu aktif.

Ia seolah mampu menghitung setiap detik pergerakan kaki lawan untuk kemudian bermanuver membuat gerakan berlawan sehingga lawan-lawannya mati kutu. Gerakan ini disebut body feint, sebuah gerakan yang berlawanan dengan orientasi lawannya. Mengingat setiap benda yang bermassa dan bergerak, mempunyai momentum, dan hal ini tampaknya sangat dikuasai Messi saat menggocek lawan-lawannya.

Mari kita ingat kembali  konsep gaya terhadap impuls, di mana perubahan momentum yang terjadi dalam selang waktu yang singkat akan memberikan gaya yang begitu besar, bayangkan ketika kaki kita yang menahan, mungkin bisa jadi cedera.

Selain memanfaatkan momentum lawan, Messi juga memanfaatkan momentum dirinya sendiri. Maka tak heran banyak orang menilai Messi adalah seorang yang jenius. Bahkan sebuah lembaga pendidikan di Turki menyamakan kejeniusan Messi dengan ahli-ahli fisika ternama dunia.

Tak tanggung-tanggung, La Pulga disejajarkan dengan Galileo Galilei yang terkenal sebagai bapak astronomi modern,  penemu gaya gravitasi Isaac Newton, penemu barometer Evangelista Torricelli dan Blaise Pascal.

Jangan-jangan Lionel Messi adalah seorang ilmuan hebat yang sedang nyambi bermain bola ha ha ha ha….

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.