www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Netizen RI Fokus ke Pangandaran, Guru Muda Terpaksa Mundur karena Pungli

0

PODCASTNEWS.ID – Warganet kembali dibuat geram dengan berita seorang ASN guru muda di Pangandaran, Jawa Barat terpaksa mengundurkan diri gara-gara diintimidasi karena melaporkan praktik pungutan liar atau pungli. Netizen kini mendesak sejumlah pihak untuk mengusut tuntas kasus pungli tersebut dan menguliti harta kekayaan oknum-oknum pejabat pelaku pungli.

Ramainya suara netizen tersebut salah satunya ada di lini masa akun @asumsico (klik) yang menuliskan status: Guru muda di Pangandaran, Jawa Barat, Husein Ali Rafsanjani jadi sorotan publik karena diduga alami pungutan liar (pungli) Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Hal itu terungkap melalui video berdurasi 5 menit 31 detik yang diunggahnya ke Tiktok dan Instagram, Senin (8/5/2023).

Dalam utas tersebut dituliskan narasi: Mulanya, Husein menerima surat tugas sebagai aparatur sipil negara (ASN) pada 2020, serta mengikuti Latihan Dasar. Seminggu sebelum Latsar, ia diminta bayar uang transportasi.

Husein merasa keberatan apalagi gajinya selama tiga bulan belum dibayarkan. Ia pun mengaku telah melaporkan aksi itu melalui situs pemerintah Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di http://lapor.go.id

“Saya kasih cantumannya, saya kasih screenshoot-an penagihannya, saya kasih bukti transfernya di situ, dengan kata-kata yang baik, dengan kata-kata yang saya pikirkan bersama teman-teman saat itu. Nggak lama setelah itu, tiba-tiba dicari siapa yang lapor,” ungkapnya.

Usai melapor, Husein dipanggil untuk menghadap BKPSDM Pangandaran. Saat datang, Husein disidang oleh 12 orang selama enam jam dan ditanya alasannya melapor.

Singkatnya, Husein mendapat ancaman pemecatan apabila laporan ke http://lapor.go.id.  tak diturunkan. Alhasil, Husein terpaksa mencabut laporannya dan  mengundurkan diri.

Wajib Bayar

Meskipun ikut atau tidak ikut, mereka tetap wajib membayar sesuai perintah. Namun, ia kembali dimintai uang lagi saat pelaksanaan Latsar sebesar Rp350 ribu. Kemudian diunggah sederet video Husein yang mengungkap kasus tersebut. Termasuk salah satunya curhatan Husein setelah dirinya mundur jadi guru di Pangandaran.

Atas unggahan tersebut, netizen di NKRI beramai-ramai dengan komentarnya. Salah satunya akun @ecilox, membalas: Selamat ya buat pemerintah daerahnya. Udah viral gini moncong senjata Nitizen dan media tertuju pada Anda. Kemudian diunggah tangkapan layar dengan narasi: Panik nggak? Panik lah masa enggak?

Akun @Bay_GN, membalas: Ada pejabat yang dipecat lagi ni.

Akun @tom_oktav, membalas: Husein Ali Rafsanjani respect setinggi-tingginya buat kamu udah speak up. upi_official kalian harus bangga punya alumni seperti Husein.  cc Kemdikbud_RI ridwankamil.  perlu jadi perhatian khusus. Pungli kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, ckckck

Akun @mas_zeuss, membalas: saya boleh spill gak di sini? tapi takut istri saya kena ancaman. soalnya istri saya pns 2019 guru. provinsi jawa barat. daerahnya G . gak ada bukti kongkret. cuman mirisnya adalah tiap urus berkas ada aja oknumnya. uangnya ga kecil bisa 100-300 ribu. bayangin aja kali ribuan pns berapa?

Akun @Profil_iyan 1101, membalas: Silahkan pak… Cc: jokowi, moh mahfud md, erick thohir.

Akun @mccafeine, membalas: ridwan kamil mangga pak

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.