www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Upayakan Egianus Kogoya Pulang Tinggal Nama!!!

0

PODCASTNEWS.ID – Direktur Eksekutif Institute For Peace and Security Studies atau IPSS Sri Yunanto mendesak pemerintah menempuh pendekatan kontra-terorisme yang selaras dengan penegakan hukum untuk menumpas kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Papua.

Sebab, aksi KKB di Papua bukan teror biasa. Kontra terorisme atau anti-terorisme merupakan upaya memerangi atau mencegah terorisme dengan menggabungkan praktik, taktik, teknik, dan strategi militer oleh pemerintah, militer, penegak hukum, bisnis, dan badan intelijen.

Yunanto mengatakan penanganan aksi teror perlu menggunakan pendekatan kontra-terorisme karena di dalamnya terdapat unsur pencegahan, mitigasi, dan operasi. Jadi pendekatan yang dilakukan tentu harus sejalan dengan penegakan hukum.

Berkaca dari teror terakhir KKB Papua, yaitu penyanderaan pilot Susi Air di Kabupaten Nduga, Yunanto menilai ada timpang kuasa antara KKB dan pemerintah. Polanya asimetris sebab kelompok teror memosisikan diri sebagai pihak yang lebih lemah dari negara.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.