www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Mengejutkan, Seluruh Jagoan Bulu Tangkis Dunia Keok di India Open 2023

0

PODCASTNEWS.ID – Semua pemain nomor satu dunia pulang dengan tangan kosong alias tak membawa gelar dari India Open 2023, termasuk Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Turnamen India Open 2023 baru saja selesai, ditandai dengan tuntasnya laga-laga final pada Minggu (22/1/2023) di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi. Menariknya, tidak ada satu pun pemain/pasangan yang kini menyandang status nomor satu dunia, keluar sebagai juara India Open 2023. Dimulai dari tunggal putra. Viktor Axelsen harus menjadi runner-up usai takluk dari Kunlavut Vitidsarn (Thailand) di final India Open 2023. Pemain asal Denmark itu kalah rubber game dari Kunlavut Vitidsarn dengan skor 20-22, 21-10, 12-21.

Sama seperti Axelsen, ratu bulu tangkis dunia sekarang ini, Akane Yamaguchi (Jepang) juga harus puas dengan medali perak. Akane Yamaguchi menyerah 21-15, 16-21, 12-21, setelah bertarung tiga gim dengan wakil Korea Selatan An Se-young. Di sektor ganda putra, Fajar/Rian menambah panjang daftar pemain ranking satu yang gagal juara di India Open 2023. Fajar/Rian bahkan sudah tersingkir dari India Open 2023 sejak semifinal usai dihentikan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) 21-11, 15-21, 16-21. Trofi ganda putra India Open 2023 diraih oleh Liang Wei Keng/Wang Chang, yang membungkam Aaron/Soh dengan skor 14-21, 21-19, 21-18.

Masalah Kesehatan

Selanjutnya, di sektor ganda putri, pasangan peringkat satu Chen Qing Chen/Jia Yi Fan harus puas jadi runner-up. Mereka mundur sebelum bertanding (walkover) karena masalah kesehatan. Gelar di nomor ini jatuh kepada Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang). Terakhir, podium teratas sektor ganda campuran India Open 2023 juga tak dihiasi oleh pasangan nomor satu dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Zheng/Huang gugur di semifinal karena kalah rubber game dari Yuta Watanabe/Arisa Highasino (18-21, 21-18, 14-21), yang akhirnya keluar sebagai juara.

Yuta/Arisa tak perlu bertanding untuk memastikan gelar. Sebab, lawan mereka di final, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, mundur, juga karena masalah kesehatan. BWF sudah mengeluarkan pernyataan resmi terkait mundurnya Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

“Terdapat dua keputusan undur diri, keduanya merupakan pasangan China pada final India Open 2023 karena masalah kesehatan,” tulis situs resmi BWF.  “Wang Yi Lyu, yang seharusnya bermain di final ganda campuran bersama Huang Dong Ping, dan Chen Qing Chen, yang bermain di final ganda putri bersama Jia Yi Fan, sakit diare dan memilih mundur dari pertandingan,” imbuh BWF. “Konsekuensinya, Yuta Watanabe/Arisa Higashino meraih gelar juara ganda campuran, dan Nami Matsuyama/Chiharu Shida berhak meraih gelar juara ganda putri,” bunyi keterangan BWF.

Setelah India Open 2023, para pebulu tangkis dunia akan singgah di Jakarta untuk mengikut turnamen Indonesia Masters pada 24-29 Januari mendatang.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.