www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Kabinet Prabowo-Gibran Bakal Diperkuat 8 Menko dan 4 Menteri Wanita

0

PODCASTNEWS.ID – Teka-teki terkait berapa jumlah kementerian yang akan dibentuk oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto akhirnya terjawab sudah. Berdasarkan foto bersama yang diambil dalam acara pembekalan calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/10/2024) diketahui secara keseluruhan jumlah personil di kabinet yang akan diumumkan Prabowo berjumlah 49 orang.

Dari jumlah tersebut, terdapat 8 orang yang duduk sejajar dengan Prabowo dan Gibran dan diperkirakan bakal menempati posisi sebagai Menteri Koordinator. Kedelapan orang tersebut yakni, Letnan Jenderal TNI Purn. Sjafrie Sjamsoeddin, Muhaimin Iskandar, Pratikno, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, Budi Gunawan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Yusril Izha Mahendra.

Sementara sisanya yakni sebanyak 41 orang, diperkirakan bakal menjadi menteri ataupun pejabat penting lainnya seperti Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung dan Kepala Staf Kepresidenan.

Untuk posisi Panglima TNI, Kapolri dan Jaksa Agung sepertinya tidak akan berubah karena tiga tokoh yang saat ini masih menjabat yakni Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanuddin juga terlihat dalam foto bersama tersebut.

Yang menarik perhatian, ada ajudan pribadi Prabowo Mayor Teddy Indra Wijaya yang ikut berfose bersama dalam foto tersebut. Mayor Teddy juga tampak mengenakan setelan senada dengan calon menteri lainnya yakni kemeja putih dan celana hitam. Belum diketahui, apakah Mayor Teddy juga akan mendapatkan jabatan tersendiri di kabinet Prabowo mendatang.

Sementara dari foto tersebut terlihat ada 4 orang calon menteri perempuan yang bakal membantu Prabowo dalam kabinet mendatang. Keempat perempuan hebat tersebut adalah Sri Mulyani yang kemungkinan besar bakal kembali dipercaya sebagai Menteri Keuangan, mantan Ketua Komisi 1 DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Meutya Hafid, pengusaha wanita sekaligus pendiri Teladan Group, Widiyanti Putri Wardhana dan Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (PP Muslimat NU) Arifah Choiri Fauzi.

Sebelumnya nama Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk juga sempat hadir ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024), namun yang bersangkutan tidak terlihat dalam foto bersama calon kabinet Prabowo tersebut. Belum diketahui apakah Ribka Haluk berhalangan hadir, atau digeser menjadi calon wakil menteri.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad sendiri mengatakan bahwa Prabowo akan mengumumkan susunan kabinetnya pada Minggu, 20 Oktober 2024. Pengumuman tersebut dilakukan langsung setelah Prabowo Subianto dilantik sebagai presiden pada hari yang sama.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.