www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Sosok Perempuan yang Berani Terobos Paspampres

0

PODCASTNEWS.ID – Dalam beberapa hari terakhir, publik dihebohkan dengan ketatnya pengawalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan ajudan Prabowo yang tengah viral, Mayor Teddy Indra Wijaya.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, Mayor Teddy terlihat tanpa kompromi menghalau siapapun yang mencoba mendekati Prabowo dan Presiden Jokowi. Salah satunya seperti yang terjadi saat Teddy menegur seorang dokter bernama Gunawan Rusuldi.

Meski pangkatnya lebih tinggi darinya, Teddy tak sungkan menegur Kepala Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman berpangkat Kolonel yang diminta agar tidak berjalan mendahului Jokowi dan Prabowo.

Namun ternyata ada sosok perempuan yang ditakuti oleh Mayor Teddy serta Paspampres lainnya, yang memiliki akses langsung untuk berbicara dengan orang nomor 1 di Indonesia tersebut. Perempuan tersebut bernama Erlin Suastini yang dalam beberapa kesempatan terlihat berani menerobos Paspampres, bahkan menghadang Jokowi dan mengatur posisi berdirinya.

Momen tersebut terlihat saat Presiden Jokowi dan Prabowo menghadiri acara penyerahan pesawat C-130J-30 kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo, di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (24/1/2024).

Kala itu, Erlin tanpa canggung berlari menghampiri Presiden Jokowi untuk memberi tahu bahwa akan ada sesi wawancara dengan media.

Pada kesempatan lainnya, Erlin juga melakukan hal yang sama saat Presiden Jokowi bersama Prabowo meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman pada 19 Februari 2024 lalu.

Ternyata Erlin sendiri bukan orang sembarangan. Dalam kesehariannya, Erlin merupakan pejabat yang mengurusi bidang protokoler, pers dan media di Sekretariat Presiden. Saat ini Erlin dipercaya sebagai Pelaksana Harian Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden untuk menggantikan sementara tugas Bey Machmudin yang ditunjuk Jokowi sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Erlin Suastini dilantik sebagai Kepala Biro Pers Media dan Informasi Kedeputian Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden sejak Juli 2019 silam. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Menteri Sekretaris Negara Praktikno.

Di mata para jurnalis yang sehari-hari meliput kegiatan di Istana, Erlin Suastini dikenal sebagai sosok yang sangat membantu para awak media untuk bisa mendapatkan informasi dari orang nomor satu di Indonesia.

Hal tersebut seperti diungkapkan jurnalis senior dan pemimpin redaksi di IDN Times, Uni Lubis dalam cuitan di akun platform X-dulu Twitter- pribadinya. “Kenal dia udah lamaaaaaa banget. Sangat helpfull buat jurnalis. Tegas dan friendly,” tulis Uni mengomentari sebuah berita berjudul Sosok Erlin Suastini yang Tak Bisa Dihalau Paspampres saat Temui Jokowi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.