www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Indonesia Tantang Australia di 16 Besar Piala Asia

0

PODCASTNEWS.ID – Timnas Indonesia mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Keberhasilan ini tak lepas dari ‘bantuan’ Timnas Kirgistan yang di luar dugaan mampu menahan imbang Oman 1-1 dalam laga penyisihan Grup F, di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Kamis 25 Januari 2024.

Oman unggul pada menit kedelapan lewat Muhsen Al Ghassani. Kirgistan baru bisa membalasnya pada menit ke-80 lewat pemain naturalisasi asal Ghana Joel Kojo.

Hasil imbang ini membuat Oman finis di posisi ketiga Grup F dengan nilai dua. Oman berada di bawah Indonesia, tim peringkat ketiga Grup D yang mengumpulkan nilai tiga.

Piala Asia 2023 memberikan jatah empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada untuk lolos ke babak gugur. Indonesia menempati peringkat keempat tim peringkat ketiga terbaik sehingga berhak tampil di 16 besar. Ini merupakan kali pertama tim Merah Putih tembus ke babak gugur dalam lima edisi keikutsertaan.

Di babak 16 besar yang akan berlangsung Minggu (28/1/2024) mulai pukul 18.30 WIB, anak asuh Shin Tea-yong tersebut akan menantang tim raksasa Asia, Australia yang merupakan juara grup B.

Para pemain timnas dan pelatih Shin Tae-yong yang menyaksikan laga penentuan antara Oman versus Kirgistan dari kamar hotel dibuat histeris setelah wasit meniup peluit panjang. Momen tersebut terekam dari video amatir yang beredar di media sosial.

Laman resmi PSSI juga membagikan momen ketika pelatih asal Korea Selatan itu tengah meluapkan kegembiraannya bersama para pemain timnas di kamar hotel.

“Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan),” kata Shin Tae-yong.

“Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak,” sambungnya.

Pada momen laga Oman dan Kirgistan, seluruh pemain , pelatih, dan ofisial memang menonton laga tersebut. Mereka menonton di hotel tempat menginap di Doha, Qatar. Begitu hasil imbang dipastikan, para pemain, pelatih, dan ofisial tampak bersuka cita dan melakukan selebrasi di salah satu ruangan di hotel tersebut.

Sementara itu, kapten Asnawi Mangkualam bersyukur atas pencapaian ini. “Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan menjawab do’a dan usaha kita,” kata Asnawi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.