www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Menohok! Jawaban Tom Lembong Disebut Beri Contekan ke Cak Imin

0

PODCASTNEWS.ID – Co Captain Timnas AMIN Thomas Trikasih Lembong atau yang karib disapa Tom Lembong, memberikan jawaban yang menohok dalam menanggapi pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, yang menyebutnya memberikan contekan kepada cawapres nomor urut 1 saat pelaksanaan Debat Keempat Pilpres 2024 yang digelar KPU, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu 22 Januari 2024.

Mantan Kepala BKPM dan Menteri Perdagangan itu justru menduga ada kekecewaan dari kubu Gibran, lantaran ia lebih memilih bergabung ke Timnas AMIN di Pilpres 2024. Seperti diketahui, Tom Lembong yang pernah menjabat sebagai kepala divisi dan wakil presiden senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dari 2000-2002 itu, pada tahun 2013 pernah dipercaya sebagai penasihat ekonomi dan penulis pidato untuk Gubernur DKI Jakarta saat itu, Joko Widodo atau Jokowi yang merupakan ayah kandung Gibran.

Pun begitu saat Jokowi menjabat Presiden, Tom yang dipercaya sebagai Menteri Perdagangan kemudian ditunjuk menjadi Kepala BKPM, selalu diajak Jokowi untuk mendampinginya di ajang pertemuan-pertemuan internasional.

Suatu ketika pada 28 Oktober 2015, Pusat Studi Kebijakan Asia Timur di Brookings mengundang Presiden Joko Widodo untuk berdiskusi.

Topiknya, peran Indonesia dalam dunia yang terus berubah, dengan fokus pada peluang dan reformasi ekonomi, geopolitik, ASEAN, dan komitmen internasional. Saat menanggapi salah satu pertanyaan, Jokowi mengatakan, “Ai won tu tes de minister.” Jokowi meminta Tom Lembong yang menjawab pertanyaan tersebut dengan mengagumkan.

Tom sendiri memperkirakan banyaknya Gibran menyebut namanya dalam debat terjadi karena anak Jokowi itu kangen dan kemungkinan ingin mendapat masukan berkualitas darinya soal topik yang dibahas di debat.

Ia mengatakan masukan berkualitas itu sebelumnya ia telah sering berikan kepada Jokowi yang merupakan ayah Gibran selama 7 tahun menjadi tangan kanan presiden RI tersebut.

“Saya sangat apresiasi ucapan Mas Gibran yang berkali kali sebut nama saya. Tentunya selama 7 tahun buat contekan nulis pidato untuk ayahnya; presiden, saya deteksi sebuah rasa rindu mungkin karena saya tak di situ lagi untuk memberi masukan berkualitas,” kata Tom dalam acara talkshow bertajuk Your Money Your Vote yang diupload di YouTube Channel CNBC Indonesia, Senin 22 Januari 2024.

Tapi sayang kata Lembong, kerinduan itu tak akan pernah terobati lagi. Pasalnya, ia kini sudah memutuskan untuk ‘bercerai’ dengan Jokowi dan bergabung dengan pasangan presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

“Sekarang yang menerima manfaat masukan berkualitas saya adalah AMIN,” katanya.

Seperti diketahui, Nama Tom Lembong beberapa kali disebut oleh Gibran Rakabuming Raka saat menanggapi rivalnya, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dalam panggung debat cawapres 2024 tadi malam.

“Mungkin itu kan dapat contekan dari Pak Tom Lembong,” kata Gibran ke Imin di panggung debat tadi malam, di JCC Senayan, Minggu (21/1/2024).

Kalimat itu Gibran ucapkan saat menanggapi ketidakpuasan Cak Imin atas jawaban yang Gibran berikan mengenai kawasan bioregional. Gibran merasa sudah menjawab pertanyaan Cak Imin, tapi Cak Imin dinilainya tidak mengerti terhadap pertanyaan yang dia kemukakan sendiri. Gibran menduga Cak Imin hanya membacakan pertanyaan bikinan Tom Lembong.

“Itu kan tadi sudah saya jawab Gus. Mungkin Gus Muhaimin juga tak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya, mungkin itu kan dapat contekan dari Pak Tom Lembong,” kata Gibran.

Gibran juga menyebut nama Tom Lembong saat berdebat melawan Imin kala Gibran melempar pertanyaan soal LFP (lithium ferro-phosphate) ke Imin. Awalnya, terminologi spesifik itu (LFP) dirasa Imin kurang jelas maka Imin berharap Gibran menjelaskan terlebih dahulu istilah itu. Moderator mempersilakan Gibran untuk menjelaskan di sisa waktu yang ada. Gibran menyebut singkatan dari LFP.

“Lithium ferro-phosphate, itu sering digaungkan Pak Tom Lembong itu,” ucap Gibran.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.