www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

KPU Putuskan TV Milik Prabowo Ikut Siarkan Debat Capres Ketiga

0

PODCASTNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan penyiaran debat ketiga Pilpres 2024 tidak akan dimonopoli oleh MNC Group. KPU telah menambahkan Garuda TV sebagai televisi penyelenggara debat calon presiden (capres) pada Minggu (7/1/2024).

“Untuk TV penyelenggara MNC group dan ditambah support dengan dari Garuda TV, di MNC group ada MNCTV, RCTI, Inews dan Global TV dan ditambah dengan Garuda TV,” ujar Komisioner KPU August Mellaz dalam konferensi pers persiapan debat ketiga Pilpres 2024 di Media Center Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

KPU menambah televisi penyelenggara debat capres setelah mendengar dan mempertimbangkan masukan dan permintaan dari tim pemenangan pasangan capres-cawapres. Televisi penyelenggara sudah mulai mendesain lokasi debat sejak kemarin di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Sekadar informasi, Garuda TV adalah sebuah jaringan televisi swasta di Indonesia yang dimiliki oleh PT Digdaya Media Nusantara, yang terafiliasi dengan Prabowo Subianto.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan alasan menambahkan media di luar MNC Group karena mempertimbangkan berbagai masukan dari sejumlah pihak, terutama dari tim paslon masing-masing.

“Tentu sudah dengan berbagai macam pertimbangan dan pembicaraan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam debat capres nanti, baik dengan tim calon maupun televisi penyelenggara,” ujar Hasyim di lokasi.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran kembali mengingatkan KPU soal monopoli televisi penyelenggara debat ketiga Pilpres 2024 oleh MNC group pada Minggu (7/1/2024). Apalagi, MNC group dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo selaku Ketua Umum Partai Perindo, salah satu partai pengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Debat tidak seharusnya dimonopoli oleh televisi yang terkait dengan peserta pemilu atau ketua umum partai politik yang mengusung capres. Televisi penyelenggara harus netral,” ujar anggota TKN Prabowo-Gibran, Anggawira kepada wartawan, Kamis (4/1/2023).

TKN, kata Anggawira, telah mengirim surat ke Ketua KPU Hasyim Asy’ari soal keberatan TKN terhadap pelaksanaan debat oleh MNC Group.”Dalam proses debat, penunjukan TV debat tidak boleh dimonopoli, dan lokasi debat harus netral, tidak berada di MNC Land Kebon Sirih. Keberatan ini menciptakan ketegangan terkait kemandirian pelaksanaan debat dalam proses pemilihan presiden,” tandas Anggawira.

Diketahui, debat ketiga Pilpres 2024 akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu (7/1/2024) mendatang. Debat ketiga Pilpres 2024 akan mempertemukan capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Pertemuan ini merupakan pertemuan kedua, setelah sebelumnya ketiganya bertemu dalam debat pilpres perdana, yakni pada 12 Desember 2023 lalu.

Tema debat ketiga Pilpres 2024 adalah pertahanan dan keamanan, hubungan internasional dan geopolitik, globalisasi dan politik luar negeri.

Hingga saat ini, format debat ketiga Pilpres 2024 masih tetap sama dengan debat-debat sebelumnya, yakni terdiri dari 6 segmen, mulai dari pemaparan visi, misi dan program masing-masing pasangan capres-cawapres, pendalaman visi, misi dan program melalui pertanyaan panelis, tanya jawab antara capres serta pernyataan penutup.

Durasi debat juga akan berlangsung selama 150 menit dengan perincian 120 menit untuk debat dan 30 menit untuk jeda iklan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.