www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Giliran PDI-P Sindir Gibran Soal Kegunaan Asam Sulfat

0

PODCASTNEWS.ID – Kader Senior PDI Perjuangan yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, terang-terangan menyindir pernyataan blunder dari Gibran Rakabuming Raka terkait sarannya agar ibu hamil mengkonsumsi asam sulfat. Meski Gibran sudah meminta maaf dan meralat bahwa zat yang dimaksud adalah asam folat, namun pernyataannya tentang asam sulfat tersebut sudah terlanjur viral dan dijadikan bahan oleh lawan-lawan politiknya sebagai materi kampanye.

Dari kubu pasangan nomor urut 1, Calon Presiden (capres) Anies Baswedan menyindir calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang salah sebut asam folat menjadi asam sulfat untuk ibu hamil. Sama halnya dengan Gibran, Anies menyebut bahwa ibu hamil membutuhkan berbagai vitamin, salah satunya asam folat. 

Namun, Anies mengatakan bahwa asam folat berasal dari tanaman, bukan di bengkel.  “Jadi kesehatan calon ibu sudah harus dipikirkan, dan calon ibu itu membutuhkan satu adalah zat besi, zat besi dapatnya dari mana dari daging dari makanan kemudian yang kedua adalah yodium yang ketiga asam folat, asam folat itu didapatnya dari tanaman bukan di bengkel, enggak ada,” kata Anies di Banjarmasin, Kalimantan, yang disiarkan secara daring, Selasa (5/12/2023).

Sementara dari kubu pasangan nomor urut 3, akun media sosial resmi milik PDI Perjuangan memposting video ketika Armuji mengetes kemampuan murid SMP terkait manfaat dan kegunaan asam sulfat.

Pembuat Bom

Dalam video yang beredar, tampak tiga anak SMP dengan lancar menjelaskan apa kegunaan asam sulfat. “Kegunaan asam sulfat itu apa?,” tanya Armuji ke murid-murid SMP. Sebagai bahan pembuatan baterai,” jawab murid.

“Sebagai proses penghilangan zat,” jawab murid lainnya. “Betul,” kata Armuji. “Tahu gak, ada lagi yang lebih berbahaya dari asam sulfat, yakni sebagai bahan pembuatan bom,” tambahnya. Tak hanya itu, politikus PDI Perjuangan itu lantas memanggil seorang ibu hamil dan bertanya tentang zat yang diperlukan oleh ibu mengandung.

“Ibu, zat apa yang dibutuhkan oleh ibu hamil,? Asam apa yang dibutuhkan?,” tanya Armuji. “Asam folat, sebagai pembentukan sel-sel dan pembentukan organ pada janin,” Armuji lalu bertanya ke publik, kalau ibu mengandung diberi asam sulfat apa dampaknya? “Kalau ibu mengandung dikasih asam sulfat? Jadinya ya modar (tewas)” singgungnya.

“Ini makanya, harus dibedakan mana baik dan buruk, anak SMP saja tahu, karena mereka bisa menjawab pertanyaan saya, maka saya kasih hadiah,” tutur Armuji.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.