www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

FX Rudy: Sekarang Neo Orde Baru Plus

0

PODCASTNEWS.ID – Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo, FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy, menyinggung sikap penguasa sekarang dengan istilah Neo Orde Baru Plus. Bahkan, ia membandingkan dengan Orde Baru era Soeharto yang dinilainya sedikit lebih baik daripada sekarang ini.

“Kalau Pak Harto masih baik-baik saja cara mengancamnya, tidak seperti sekarang. Intimidasi ya nggak terang-terangan kayak begini, dari institusi perintah ke bawah dan sebagainya nggak seperti itu dulu,” ujar FX Rudy kepada wartawan di Jakarta, Rabu (29/11/2023). Meski mengaku tak mendapatkan ancaman langsung dari penguasa yang disebutnya sebagai Neo Orde Baru Plus itu.

Namun, senior PDIP itu menyebut adanya kekuasaan yang digunakan secara tidak beretika. Neo Orde Baru Plus, ya semua kekuasaan yang dimiliki sekarang ini dipergunakan dengan segala cara yang tidak beretika,” ujar FX Rudy. “Jadi kemarin saya sampaikan ‘Ojo Adigang, Adigung, Adiguno’ tapi ojo-nya ilang. Jadi adigang, adigung, adiguno artinya berkuasa segala sesuatunya akan saya pergunakan untuk kepentingan diri saya sendiri,” sambungnya.

Slogan “Ojo Adigang, Adigung, Adiguno” sendiri merupakan prinsip dalam pergaulan Jawa. Jika diartikan memiliki arti “Jangan Merasa Paling Kuat”, “Jangan Merasa Paling Besar”, dan “Jangan Merasa Paling Pandai”.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.