www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Kominfo Pastikan Video Jokowi Berbahasa Mandarin Rekayasa

0

PODCASTNEWS.ID – Beredar konten berupa video dalam berbagai platform digital berisi Presiden Joko Widodo sedang menyampaikan pidato menggunakan bahasa Mandarin dengan fasih. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A. Pangerapan menegaskan bahwa video itu merupakan rekayasa hasil editan yang menyesatkan. “Video yang beredar tersebut disertai narasi ‘Jokowi berbahasa Mandarin’. Itu hasil suntingan yang menyesatkan,” tandasnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023).

Menurut Semuel, hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Kominfo menemukan kesamaan dengan video yang diunggah oleh kanal YouTube The U.S. – Indonesia Society (USINDO) pada 13 November 2015 lalu. “Secara visual, video tersebut identik, tetapi telah disunting sedemikian rupa yang diduga memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) deepfake,” ungkapnya.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menjelaskan dalam video yang sebenarnya di tautan https://usindo.org/gala/dinner-in-honor-of-president-joko-widodo/, Presiden Joko Widodo tidak menggunakan bahasa Mandarin saat pidato. “Ini adalah bentuk disinformasi,” tegasnya. 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.