www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Pil Pahit Ridwan Kamil

0

PODCASTNEWS.ID – Peribahasa “Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang pantai nampak jelas” sepertinya pas untuk menggambarkan situasi di internal Partai Golkar saat ini. Meski bukan makna sebenarnya, namun gajah di pelupuk mata yang dimaksud dalam peribahasa tersebut bisa diibaratkan sebagai sosok Ridwan Kamil yang keberadaannya di dalam Partai Golkar justru tidak perhitungkan sama sekali.

Sementara semut di seberang pantai, bisa kita ibaratkan sebagai sosok Gibran Rakabuming Raka yang sejatinya merupakan kader dari PDI-P, namun justru dipilih dalam Rapimnas Golkar yang berlangsung Sabtu 21 Oktober 2023 sebagai Cawapres dari Partai Golkar. Seperti diketahui, pada 18 Januari 2023 lalu, mantan Gubernur Jawa Barat itu mengumumkan bahwa dirinya resmi bergabung sebagai kader Partai Golkar dengan posisi sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.

Keputusan Ridwan Kamil masuk ke Partai berlambang beringin tersebut, semula diduga bakal menjadi kendaraan politiknya untuk bisa mengikuti kontestasi Pilpres 2024. Terlebih lagi nama Ridwan Kamil selalu menjadi top survei untuk posisi Cawapres di Pilpres 2024. Tak heran jika Ridwan Kamil pun awalnya tidak hanya di lirik oleh Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto sebagai Capresnya.

Namun juga sempat dikaitkan dengan Capres Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDI-P, PPP, Hanura dan Perindo. Ridwan Kamil pun sempat bertemu dengan Ketua Umum PDI-P, sebelum akhirnya Megawati Soekarnoputri memutuskan memilih nama Mahfud MD untuk mendampingi Ganjar. Salah satu alasan Megawati batal memilihnya sebagai Cawapres Ganjar, karena Ridwan Kamil tidak mendapat restu dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Selain itu, Ridwan Kamil dinilai terlalu percaya diri karena sudah membocorkan terlebih dahulu pembicaraannya dengan Megawati kepada media. Asa sempat menguat, saat Ridwan Kamil diundang makan malam di kediaman Prabowo pada 14 September 2023 lalu. Namun sekali lagi, Ridwan Kamil harus menelan pil pahit, lantaran Rapimnas Golkar justru memberikan karpet kuningnya kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres pendamping Prabowo.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.