www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Jokowi Ingatkan Indonesia Mau Lompat Maju atau Masuk Jebakan

0

PODCASTNEWS.ID – Presiden Jokowi bercerita saat ini banyak negara yang sangat khawatir akan teknologi seperti Artificial Intelligence, ditambah saat ini juga sudah muncul Generatif Intelligence.

Kemajuan teknologi yang terjadi sangat pesat, membuat banyak negara yang belum menyiapkan regulasi yang jelas sehingga berdampak negatif pada satu sektor. Jokowi bahkan mencontohkan seperti Tiktok Shop. “Mestinya teknologi muncul, regulasi disiapkan birokrasi kita. Muncul siapkan. Kalau gak siap yang kena seperti kejadian Tiktok Shop.

Bisa mengenai UMKM kita mengenai pasar tradisional kita,” ujar Jokowi ketika membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KORPRI 2023 di Jakarta, Senin (3/10/2023). Sehingga tugas birokrasi untuk menyiapkan peraturan untuk menjaga ekosistem dan tidak berdampak negatif pada sektor lain. Selain itu Jokowi juga bercerita peluang Indonesia menjadi negara maju juga berada pada tiga kali kepemimpinan nasional, yakni di 2024, 2029, hingga 2034, supaya bisa memanfaatkan peluang yang ada.

Di mana Indonesia memiliki peluang seperti bonus demografi di tahun 2030 hingga sumber daya alam yang berlimpah seperti nikel. “Ini yang sangat penting untuk jadi pemikiran kita bersama begitu kita tidak bisa memanfaatkan peluang di 3 periode kepemimpinan ini kita akan tetap akan menjadi negara berkembang. kalau kita tidak bisa merubah sistem yang ada menjadi lebih cepat baik efisien maka kita akan terjebak pada middle income trap,” kata Jokowi.

Jokowi juga berpesan untuk menurunkan ego sektoral pada tiap kementerian, dan terus menjalankan kolaborasi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.