www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Jokowi Ingkari Janji Kampanye 2019

0

PODCASTNEWS.ID – Video yang mendokumentasikan kegiatan kampanye Presiden Jokowi saat Pilpres 2019, di Kompleks Stadion Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, Sabtu, 6 April empat tahun silam viral di media sosial.

Kala itu, Jokowi yang berstatus calon presiden nomor urut 01, menjanjikan sertifikasi bagi Kampung Tua yang selama ini status tanahnya masih tumpang tindih. “Jadi saya ingin sampaikan dua hal penting. Yang pertama mengenai sertifikasi pembuatan sertifikat untuk Kampung Tua. Siapa yang setuju Kampung Tua disertifikasi?” kata Jokowi saat melakukan orasi politiknya.

Jokowi bahkan berjanji proses sertifikasi dilakukan paling lama tiga bulan agar status kepemilikan tanah semakin jelas dan legal bagi masyarakat. Saat itu, tercatat ada sekitar 37 titik Kampung Tua di Batam di mana status tanah di dalamnya masih banyak yang tumpang tindih bahkan sengketa. “Akan kami lakukan maksimal 3 bulan akan kami selesaikan. Tiga bulan Kampung Tua akan kami sertifikatkan,” kata Jokowi saat itu.

Orasi politik Jokowi di Kompleks Stadion terbesar di Batam itu mendapat antusiasme masyarakat. Saat itu beberapa tokoh ikut hadir di stadion tersebut, di antaranya Ketua TKN Erick Tohir, Wakil Ketua TKN Moeldoko, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani. Video ini kembali viral lantaran Jokowi dianggap tidak menepati janji kampanye di Pilpres 2019 tersebut, lantaran kawasan Kampung Tua di Rempang ternyata masuk dalam rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional Rempang Eco City.

Seperti diketahui, polemik kepemilikan tanah jadi pemicu konflik berujung kericuhan di lapangan. Ribuan warga yang mayoritas tinggal di Kampung Tua tak ingin dipindahkan ke Pulau Galang, Batam. Mereka berjuang mempertahankan tanah yang ditempati secara turun temurun sejak Indonesia belum merdeka.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.