www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Cak Imin Sebut Ongkos Nyaleg Rp40 Miliar, yang Rp25 Miliar Gak Jadi

0

PODCASTNEWS.ID – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membongkar fakta yang mengejutkan soal uang politik di DKI Jakarta. Menurutnya, ongkos politik calon anggota legislatif atau caleg di DKI Jakarta mencapai Rp40 miliar.

Muhaimin Iskandar menegaskan money politics atau politik uang masih terjadi sampai saat ini. Bahkan, ia menyebut biaya untuk menjadi anggota dewan masih cukup besar. ”Politik uang, yang kaya yang berkuasa, yang menang yang punya duit, itu terbukti di lapangan dengan baik,” ujar Muhaimin saat dalam acara Pidato Kebudayaan di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta, Jumat (11/8/2023).

Bagi Muhaimin, situasi itu membuat DPR RI sangat sulit diisi oleh lebih banyak anggota dewan yang berlatar belakang sebagai seorang aktivis. Ia lantas menyinggung biaya politik yang sangat besar untuk calon caleg yang maju dari DKI Jakarta.

”Di Jakarta ini, teman-teman saya yang jadi tiga sampai empat kali (anggota DPR RI), itu kira-kira buat orang NU (Nahdlatul Ulama) akan sangat tidak mungkin jadi DPR dari DKI Jakarta. Cost-nya sekitar Rp 40 miliar. Ada yang (mengeluarkan biaya) Rp 20 miliar, enggak jadi. Ada yang Rp 25 miliar enggak jadi,” ungkap keponakan Gus Dur itu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.