www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

ICW: Ada Upaya Sistematis KPK Lindungi Harun Masiku

0

PODCASTNEWS.ID – Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana menilai ada upaya sistematis dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melindungi buronan koruptor Harun Masiku yang hingga kini masih belum bisa ditangkap.

Kurnia menilai kinerja KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri sangat buruk dalam menangani kasus yang beririsan dengan wilayah politik. Ia meyakini faktor terbesar keengganan KPK memproses hukum Harun karena ada indikasi kuat elite PDIP yang berpotensi besar dapat terseret.

“Dugaan kami, KPK ingin melindungi elite partai tersebut,” ujar Kurnia dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/8/2023). Dia menambahkan, selama ini KPK terlalu berlarut-larut menangani kasus dugaan suap yang menyeret Harun. Sudah lebih dari tiga tahun KPK tidak mampu menemukan dan memproses hukum Harun.

“Bahkan terkesan didiamkan begitu saja. Kejanggalan penanganannya juga terlalu banyak dan amat terlihat upaya sistematis dari KPK untuk melindungi Harun,” tutur Kurnia. “ICW meyakini sampai nanti masa kepemimpinan Firli habis, Harun akan tetap bebas berkeliaran tanpa khawatir diproses hukum oleh KPK,” ujarnya.

Pernyataan ICW tersebut merespon dari informasi dari Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Pol Krishna Murti yang menyatakan bahwa buronan Harun Masiku masih berada di Indonesia. Hal itu diungkapkan Krishna Murti usai menemui pimpinan KPK, di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2023).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.