www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Pilpres 2024 Makin Dekat, PAN Belum Punya Sosok Capres

0

PODCASTNEWS.ID – Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional atau PAN Eddy Soeparno mewakili ketua umum Zulkifli Hasan ikut hadir dalam acara puncak milad ke-25 Partai Bulan Bintang atau PBB di ICE BSD Tangerang pada Minggu, 30 Juli 2023.

“Kami datang karena menerima undangan. Oleh karena itu, kami sebagai sesama parpol datang untuk bersilaturahmi dan mengucapkan selamat atas milad yang ke-25 dari PBB,” kata Eddy kepada wartawan.
Dalam acara milad tersebut, PBB mendeklarasikan dukungannya secara resmi kepada bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun Eddy mengatakan partainya masih belum menentukan arah dukungan.

Eddy menyebut, arah dukungan PAN masih menunggu kabar dari dua pimpinan partai politik yang telah mengusung bakal calon presiden yaitu PDIP dan Gerindra. Adapun PDIP sebelumnya telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres 2024.

“Seperti yang kami sampaikan dari awal bahwa PAN telah menawarkan cawapres kepada baik Pak Prabowo maupun kepada Ibu Megawati. Jadi kami dalam posisi mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita bisa menerima kabar baik dari salah satu di antara kedua Bacapres tersebut,” ujarnya.

PAN mengusung nama Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden untuk mendampingi salah satu bakal calon presiden dari PDIP dan Gerindra. Eddy mengatakan, PAN rencananya akan mengumumkan dukungan mereka pada Agustus 2023. “Ya ini yang kami tunggu mudah-mudahan tidak terlalu lama lagi, dan kami berharap di dalam bulan Agustus, bulan baik kita sebagai partai bisa mengumumkan siapa yang akan menjadi Bacapres dan Bacawapres dari PAN,” ujarnya.

Wajar

Namun saat disinggung ihwal pendeklarasian yang dilakukan Partai Bulan Bintang ini, Eddy tidak dapat berkomentar banyak. Menurut Eddy hal tersebut wajar dan akan dilakukan semua partai nantinya.
“Ya tentu deklarasinya kita hormati, kita anggap bahwa PBB sudah melakukan proses ijtihad secara mendalam sehingga bisa memutuskan,” ujar dia. Eddy mengatakan dalam waktu dekat, tak hanya PBB tapi partai-partai lain akan melakukan hal yang sama dan bisa juga melakukan deklarasi-deklarasi secara berkelanjutan.

“Saya tidak mau mendahului proses, tentu kita menunggu sampai proses itu selesai. Dan seperti yang disampaikan oleh Ketum saya, pak Zulkifli Hasan mudah-mudahan dalam bulan Agustus yang akan datang kita bisa segera menyampaikan kepada publik, siapa yang akan jadi capres dan cawapres yang akan diusung oleh PAN dalam pemilu 2024,” ujar dia.

PAN memang terkesan maju mundur dalam dukungan terhadap sosok capres. PAN terang-terangan mengaku belum ingin mendukung bakal calon presiden atau bacapres Ganjar Pranowo. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto usai menggelar pertemuan tertutup antara elite PAN dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, termasuk Ganjar. Selain Ganjar, Yandri mengatakan PAN saat ini tengah mempertimbangkan nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk diusung sebagai bacapres. “Masih dua itu. Antara Ganjar dan Pak Prabowo,” kata Yandri usai pertemuan dengan PDI-P.

Pertemuan Elite

Yandri menuturkan, usai menemui elite PDI-P, PAN akan bertemu dengan elite Gerindra, Senin (5/6/2023). “Akan ada pertemuan lagi, akan ada pertemuan lagi,” ucap Yandri berulang kali. Sejauh ini, Yandri menyebut PAN belum memutuskan untuk mendukung bacapres manapun.

Sebelumnya Zulkifli Hasan mengisyaratkan untuk mengusung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir di Pilpres 2024. Dia menyampaikannya lewat pantun dalam acara Rakornas PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (27/2/2023). “Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpanglima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insya Allah Indonesia tambah jaya,” ujar Zulhas.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.