www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Intip ”Manuver Cantik” Ketum Projo hingga Dilantik Jadi Menkominfo

0

PODCASTNEWS.ID – Ketua Umum relawan Pro Jokowi atau Projo Budi Arie Setiadi resmi menjabat sebagai Menkominfo usai dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (17/7/2023). Sebelum menjadi menteri, Budi Arie tampak melakukan sejumlah manuver politik yang menarik perhatian publik.

Sebelumnya, pernyataan Budi Arie Setiadi selaku Ketua Umum Projo sempat viral di media sosial. Dia menyebut arah politik Projo terbuka kepada semua pihak. Namun Budi Arie mengatakan, musuh Projo ialah orang yang sombong dan pelit.

“Kita ini terbuka dan kita ini politik kita asik-asik saja. Kita ini nggak punya musuh. Musuh kita cuma orang- orang sombong sama orang pelit. Yang lain semua teman saya,” ujar Budi Arie kepada awak media di Kantor DPP Projo, Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2023).

Ungkapan Budi tersebut menjadikan banyak netizen yang menyindirnya. Salah satu sindiran tersebut terlihat dalam unggahan status akun Twitter Trending_Issue (klik) yang menuliskan narasi: Syarat buat Capres siapapun yang mau didukung elit Projo adalah jangan sombong dan pelit. Paham kan maksudnya.

Sebelumnya Budi Arie Setiadi selaku wakil menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) menemui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang memantik spekulasi politik. Ada apa di antara Prabowo dan Budi Arie?

Prabowo dan Budi Arie bertemu empat mata di ruangan kerja Prabowo di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (1/9/2022). Budi Arie menyatakan pertemuan itu untuk membicarakan isu-isu strategis nasional.

Ketua Umum DPP Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi mengatakan Projo tidak masalah jika dituduh mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Budi hanya menegaskan bahwa saat ini Projo belum menentukan sikap terkait Pilpres 2024.

“Itu kesimpulan Anda, tapi saya tidak bisa, tidak melarang orang, menuduh bahkan,” ujar Budi usai menerima kunjungan Rumah Besar Relawan Prabowo 08 di kantor DPP Projo, Jakarta, Kamis (6/7/2023). Budi mengklaim bahwa memang banyak pihak yang mengatakan Projo sudah mendukung Prabowo untuk Pilpres 2024.

Doa

Dia menyebut tuduhan-tuduhan yang datang itu lama-lama bisa menjadi doa. “Silakan saja menuduh, kita tidak pernah rugi dengan tuduhan. Tuduhan juga bisa jadi doa kan,” ucap dia. Lebih jauh, Budi mengatakan Projo dekat dengan siapa pun, baik Presiden Jokowi maupun Prabowo.

Selanjutnya belum terdengar lagi pernyataan-pernyataan lanjutan Budi terhadap dukungannya terhadap Prabowo hingga akhirnya dirinya dilantik menjadi Menkominfo definitif menggantikan Johnny G Plate yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi Rp8 triliun.

Meskipun dirinya resmi dilantik sebagai Menkominfo oleh Presiden Jokowi Budi Arie Setiadi memastikan dirinya masih tetap menjabat sebagai Ketua Umum relawan Pro Jokowi atau Projo.

Mengacu wikipedia.org Budi Arie Setiadi ataupun Muni lahir di Jakarta 20 April 1969. di SD Marsudirini Koja, Jakarta. Kemudian pendidikan lanjutan di SMP Marsudirini Koja Jakarta. Ia kemudian melanjutkan sekolah lanjutan atas di SMA Kolose Kanisius Jakarta pada tahun 1988. Selulus SMA, dia diterima di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI dan lulus pada tahun 1996. Budi Arie menyelesaikan studi paska sarjana di Managemen Pembangunan Sosial Universitas Indonesia, lulusan tahun 2006.

Budi Arie pernah menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta (2005-2010) dan juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta. Ia kemudian mendirikan Projo, kelompok relawan darat terbesar pendukung Joko Widodo, sejak Agustus 2013.

Projo kemudian berjuang mengumpulkan aspirasi pencapresan Jokowi sebelum dideklarasikan PDIP secara resmi, melawan arus pencapresan Megawati dengan wakil presiden Jokowi yang ramai saat itu dan akhirnya Jokowi berhasil menjadi Presiden Ketujuh Republik Indonesia.

Selain menjadi Ketua Umum Projo, saat ini Budi Arie juga menjadi Dewan Penasihat ILUNI UI.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.