www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Netizen Sebut Rumput di GBK Jelek, Sarankan Ganti Seperti di JIS

0

PODCASTNEWS.ID – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan penggantian rumput JIS membutuhkan waktu tiga bulan. Dari pendapat seorang agronomi rumput bernama Kamal, lanjut Erick, konsep penggantian tersebut akan meniru pengubahan rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada 2018.

“Solusinya, menurut Pak Kamal adalah memindahkan rumput yang sudah jadi seperti pekerjaan kami di GBK waktu Asian Games,” kata Menteri BUMN itu usai meninjau JIS, Jakarta Utara, Selasa, 4 Juli 2023,

Erick menerangkan rumput JIS bermasalah lantaran menggunakan media tanam sintetis. Akibatnya, akar rumput alami tidak masuk ke dalam tanah. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, rumput JIS saat ini tidak memenuhi standar FIFA. Informasi dari agronomi rumput, lanjut Basuki, rumput JIS belum sesuai dengan hasil evaluasi FIFA terhadap 22 stadion di Indonesia untuk Piala Dunia U-20.

Karena itulah, tutur dia, rumput JIS harus diganti yang diperkirakan menghabiskan anggaran Rp6 miliar. Kementerian PUPR akan mengucurkan dana tersebut.

JIS memang menjadi alternatif pemerintah sebagai pengganti Stadion GBK untuk dijadikan venue pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Sebab, Stadion GBK kemungkinan tak bisa dipakai, karena bentrok dengan jadwal konser Coldplay di Jakarta pada 15 November 2023.

JIS adalah salah satu stadion yang disebut Presiden Joko Widodo alias Jokowi bisa menjadi pengganti Stadion GBK. Selain JIS, Jokowi juga sempat menyebut nama stadion lain.

Perdebatan

Rencana penggantian rumput stadion Jakarta International Stadium atau JIS terus menjadi perdebatan di media sosial. Ramaianya perdebatan tersebut seperti terlihat di akun Twitter ketua PSSI Erick Thohir (klik).

Di akun tersebut Erick Thohir menulis status: Saya bersama Pak Basuki dan Pak Heru meninjau langsung kondisi Jakarta International Stadium. Masih ada hal yg perlu diperbaiki sebelum kita ajukan ke FIFA ut venue Piala Dunia U17.

Kami hadir utk mencari solusi dan memastikan JIS memenuhi standard internasional yang dibuat FIFA.

 Menariknya dalam unggahan tersebut ada netizen bahkan justru menilai rumput di JIS lebih bagus dari Stadion GBK. Netizen tersebut malah menyarankan Erick Thohir mengganti rumput di Stadion GBK seperti rumput di JIS.

Saran tersebut diungkap oleh akun Sofian 4214 3091 (klik), yang menulis status: He he. kalau rumputnya JIS mah rumputnya bagus dan rapi tidak ada yang bolong-bolong dan sudah sesuai standar FIFA. yang harus diganti rumputnya mah rumput yang ini Pak!! ini rumputnya Stadion GBK, lihat saja rumputnya jelek tidak layak untuk dipake, banyak yang pada bolong-bolong. Coba lihat bandingkan dengan rumput JIS!

Sementara itu dalam unggahan yang terpisah, akun Twitter Jatayu_45 (klik), menulis status: kondisi rumput di Stadion GBK rusak parah setelah digunakan oleh PDIP.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.