www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Kaesang Ditawari Jadi Jurkam PDIP, PSI Terus Pepet

0

PODCASTNEWS.ID – Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga, menawarkan Kaesang Pangarep untuk menjadi juru kampanye bagi partainya di Kota Depok untuk pemenangan Pileg 2024. Baru setelah itu PDIP akan mengusungnya sebagai bakal calon wali kota Depok.

“Barangkali kita tawarkan Mas Kaesang mau nanti jadi juru kampanye di Depok untuk memenangkan kader-kader kami di sana. Ayo, Mas Kaesang,” ucap Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 20 Juni 2023.

Eriko mengatakan partainya tetap membuka pintu bagi putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu untuk maju di Pilkada Depok 2024. Namun, dalam waktu dekat ini PDIP masih fokus pada pemenangan di pemilihan legislatif dan pilpres 2024 terlebih dahulu.

Jika Kaesang tertarik dengan tawaran menjadi juru kampanye Pileg 2024 di Depok, Eriko menyatakan di masa selanjutnya PDIP pasti akan berjuang untuk pemenangan Kaesang di Pilkada Depok. “Alhamdulillah kalau Mas Kaesang itu mau lakukan. kita sebagai berikutnya akan berjuang untuk mendukung Mas Kaesang di Depok. Kita sambut calon pemimpin yang baru di Depok,” ujarnya.

Eriko mengakui jika selama ini Depok menjadi daerah yang belum mampu dikuasai oleh PDIP. Sebabnya jika Kaesang berkenan menjadi juru kampanye di sana ia berharap bisa membuka peluang bagi PDIP menggantikan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai partai pemenang di Depok.

“Depok lagi ini menarik. Kami selama ini, kan, kami belum pernah berhasil di Depok. Ayo sama-sama Mas Kaesang. Ayo kita bareng-bareng ini,” ucap dia. Menurut Eriko, keberadaan Kaesang di Depok menjadi wajah baru. Pasalnya sudah saatnya generasi Y dan generasi Z memimpin wilayah-wilayah kota/kabupaten.

Namun, meski tawaran ini sudah beberapa kali diungkapkan kader PDIP, termasuk Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, tapi hingga kini belum ada jawaban dari Kaesang.”Mungkin beliau juga masih sibuk. Kalau kami terbuka saja kapan pun bisa kami menerima dengan tangan terbuka,” ungkapnya.

Sekolah Partai

Di sisi lain, ucap Eriko, PDIP sudah memiliki mekanisme dalam menentukan siapa tokoh yang akan diusung untuk maju di kompetisi politik. Salah satu tahapannya mereka harus mengikuti sekolah partai yang digelar PDIP.

Kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, dan abang iparnya, Bobby Nasution, juga melewati tahapan sekolah partai sebelum keduanya diusung PDIP di Pilkada Solo dan Pilkada Medan.
Menurut Eriko, jika Kaesang benar-benar berminat maju di Pilkada Depok, ia bisa dimentori Gibran Rakabuming yang sudah berhasil menjadi Wali Kota Solo.

Sementara itu Partai Solidaritas Indonesia atau PSI terus mendorong Kaesang Pangerap untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota Depok atau Pilwalkot 2024. Namun, partai tersebut menyerahkan pilihan sepenuhnya kepada Kaesang untuk berlabuh di partai politik mana.

“Kami sejak awal Mas Kaesang menyatakan akan terjun ke politik sangat terbuka jika beliau mau bergabung di PSI dan tentu kami sangat senang jika beliau bersedia bergabung,” kata Ketua DPP PSI Sigit Widodo.

Meski demikian, Sigit pun tak mempermasalahkan jika putra bungsu Presiden Jokowi itu pilih menjatuhkan hatinya ke PDIP atau partai politik lain. Ia menegaskan, dukungan yang diberikan PSI kepada Kaesang tanpa syarat.

Yang terpenting, kata Sigit, Kota Depok membutuhkan sosok pemimpin baru seperti Kaesang. Ia menginginkan adanya perbaikan di Kota Depok setelah hampir 20 tahun dikuasai PKS. Menurutnya Depok membutuhkan sosok seperti Kaesang untuk memperbaiki kota yang carut-marut setelah hampir 20 tahun di bawah kekuasaan PKS.

Sejauh ini di Depok terjadi intoleran, semena-mena menggusur SD dengan mengirim Satpol PP di tengah semester berjalan, serta tidak mampu menangani masalah sampah dan kemacetan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.