www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Nekat!!! Pria Nikah dengan Mas Kawin Linggis, Alasannya sungguh Mengejutkan

0

PODCASTNEWS.ID – Seorang pria menikahi wanita dengan mas kawin sebatang linggis di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Linggis berbahan baja itu berwarna hitam dengan panjang satu meter.

Tak hanya linggis, sang mempelai pria juga menyerahkan mas kawin uang tunai senilai Rp100.000.

Peristiwa langka itu berlangsung di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tongas pada Jumat (3/2/2023). Kini kedua pasangan resmi menjadi suami istri itu yakni Samsul Mukmin (46) dan Sumiati (45).

Belakangan Mukmun mengungkap alasan kenapa dirinya menggunakan linggis sebagai mas kawin. Bagi Samsul, linggis adalah perkakas wajib yang harus dimiliki setiap rumah tangga di dusunnya. Karena alat itu serba guna, selain itu alat yang terbuat dari besi kokoh itu bersifat sangat kuat. Dia berharap dalam pernikahan itu dirinya dengan Sumiati bisa saling menguatkan sebagai suami dan istri hingga pernikahan mereka kekal dan abadi.

Samsul dan Sumiati mengaku sama-sama memiliki kenangan pilu yaitu ditinggal pergi oleh pasangan masing-masing sebelum mereka bertemu. “Saya ingin pernikahan kami kuat dan kokoh, seperti linggis. Kami sama-sama sudah pernah menikah. Dan ingin bersama sampai tua, sampai meninggal dunia,” kata Samsul.

Sumiati pun menerima mas kawin tersebut termasuk makna dari linggis yang diberikan suaminya. “Iya, saya terima. Mudah-mudahan pernikahan kami langgeng dan kokoh,” ujar Sumiati.

Sementara itu Kepala KUA Kecamatan Tongas, Wildan Mahbubul Haq memberikan bimbingan perkawinan (Binwin) singkat kepada pasangan asal Tongas tersebut. Wildan turut mendoakan pernikahan Samsul dan Sumiati langgeng dan kuat, sebagaimana maksud Samsul memberikan mas kawin linggis warna hitam sekitar satu meter tersebut.

“Jangan dilihat besar atau kecilnya mahar. Semoga falsafah linggis yang kuat memperkuat pernikahan, menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah,” ungkap Wildan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.