www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

PKB Buka Peluang Gibran Maju Pilgub, PPP Tunggu Bukti

0

PODCASTNEWS.ID – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka peluang untuk mengusung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming sebagai calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang. Namun, Ketua DPP PKB Daniel Johan menekankan bahwa partainya belum membahas siapa sosok yang bakal dimajukan pada Pilkada serentak 2024.

“Sejujurnya belum ada pembahasan langsung, tetapi tentu PKB sangat terbuka dengan siapa pun, termasuk dengan Mas Gibran,” kata Daniel di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (20/1/2023).

Daniel mengatakan, PKB masih fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Namun, ia juga mempersilakan bila Gibran ingin maju sebagai calon gubernur melalui PKB. “Karena kita PKB terbuka, ya mungkin nanti Mas Gibran harus mampir-mampir ke PKB,” ujar Daniel. Akan tetapi, ia juga menyarankan agar Gibran saat ini fokus melaksanakan tugasnya sebagai wali kota sebelum membuka komunikasi dengan partai-partai politik untuk maju pada Pilada 2024.

“Tentu Mas Gibran harus, karena sekarang masih wali kota Solo ya, tentu harus berbuat terbaik untuk Kota Solo, itu dulu fokus,” kata Daniel. Diberitakan sebelumnya, Gibran mengaku siap untuk maju di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta atau Jawa Tengah pada 2024 mendatang asalkan mendapat restu dari Ketua Umum PDI-P. “Ya saya sih siap. Tapi nunggu Bu Ketua Umum. Sekali lagi saya masih perlu belajar, masih perlu banyak masukan-masukan dari beliau-beliau para senior. Nak aku santai ya,” kata Gibra, Kamis (19/1/2023).

Siap Maju

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka siap maju Pilgub 2024 jika ditugaskan PDIP. PPP menilai punya kesempatan maju sebagai Pilgub DKI Jakarta atau Jateng di 2024 nanti.

“Sebagai politisi Mas Gibran punya target, beliau punya kesempatan maju sebagai gubenur DKI atau gubernur Jawa Tengah,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Jumat (20/1/2023).

Untuk peluang maju di dua wilayah tersebut, PPP menilai Gibran perlu membutikkan kinerjanya di Solo. Gibran masih punya waktu cukup panjang untuk membuktikan hal itu.

“Tentu Mas Gibran terlebih dahulu membuktikan kinerjanya di wali kota Surakarta. Selama periode ini setidaknya sampai nanti akhir periode 2024 nanti,” ujarnya. Bukti kinerja di Solo itu menurut PPP menjadi modal untuk maju Pilgub 2024. Perihal maju di DKI Jakarta atau Jateng, menurut PPP hanya soal penugasan.

“Beliau sudah menjabat wali kota sejak 2021, 2022, sekarang sudah 2023, tinggal praktis dua tahun ke depan, kinerjanya seperti apa? Itu tentu akan menjadi modal Mas Gibran untuk maju sebagai calon gubernur di mana pun yang ditugaskan. Entah itu di DKI atau Jawa Tengah,” imbuhnya.

Tak Ambisi

Gibran sebelumnya menyatakan siap jika ditugasi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri maju Pilgub 2024. Namun, Gibran ngaku tak punya ambisi. “Kalau ada tugas ya harus siap to, tapi bukan berarti saya punya ambisi, nggak. Saya itu nunggu perintah itu lho,” kata Gibran.

Gibran menegaskan kesiapan maju sebagai calon gubernur apabila ada penugasan dari ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Dirinya menegaskan bahwa bukan berarti akan nyalon gubernur alias nyagub.

“Saya siap kalau ada penugasan bukan berarti aku meh nyagub lho, kalau ada tugas harus siap to,” kata dia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.