www.podcastnews.id
The Best Place for Podcast

Tertawa Saat Gempa, Pimpinan DPR Ini Akui Tak Tahu Mitigasi Bencana

0

PODCASTENWS.ID – Wakil Ketua Komisi V DPR Roberth Rouw mengungkapkan alasannya tertawa saat merasakan gempa yang videonya menjadi viral di media sosial. Ketika dia tertawa, Kepala Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati bersembunyi di kolong meja saat gempa Cianjur terasa hingga gedung DPR, Senin (21/11/2022).

Roberth mengaku tidak menertawakan Dwikorita. Sebaliknya, dia menertawakan dirinya sendiri dan anggota dewan lainnya yang tidak turun dan bersembunyi di bawah meja untuk mitigasi bencana. “Saya menertawakan kami (anggota DPR), kata Roberth Rouw dalam rapat Komisi V DPR, Selasa (22/11/2022).

Hal tersebut disampaikan Roberth dalam Rapat Permusyawaratan (RDP) dengan BMKG, Basarnas dan BNPP yang membahas gempa Cianjur. Saat itu bukan hanya anggota DPR yang tak turun bersembunyi di kolong meja seperti Dwikorita.

Namun, personel BMKG lainnya tidak bersembunyi. “Semua BMKG di atas, apalagi kita anggota. Kami tidak tahu, ternyata saya bilang benar kalau kata ketua (pimpinan BMKG) ini harus turun (sembunyi di bawah meja),” ujarnya. Menurut Ketua Ketua Nasdem DPR tersebut, anggota DPR tidak ikut bersembunyi di bawah meja karena tidak tahu bahwa itu untuk mitigasi bencana jika terjadi gempa. Makanya Robert spontan menertawakan situasi ini.

Malah Apresiasi

Roberth kemudian mengapresiasi Dwikorita yang menceritakan langkah mitigasi dengan bersembunyi di bawah meja saat gempa. Menurutnya, Dwikorita sangat cakap dengan tugasnya sebagai kepala BMKG untuk memberikan informasi mitigasi bencana. “Pokoknya memang patuh pada kesepakatan di BMKG dan selalu menyampaikan bagaimana mitigasi gempa, terutama di gedung-gedung, ya kan,” ujarnya.

Dia meminta BMKG tidak hanya menginformasikan kepada masyarakat, tetapi juga anggota dewan tentang mitigasi bencana. Menurut Robert Rouw, informasi tersebut penting untuk keamanan anggota parlemen. ” Tolong BMKG, ini juga harus diteruskan ke kami. Ini menjadi catatan bagi kami, Presiden, juga menyampaikan kepada Pamdal kami di DPR bagaimana gempanya sehingga TA (tenaga ahli) sekretariat gedung DPR tahu apa yang harus dilakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Roberth Rouw tertawa terbahak-bahak saat guncangan gempa bermagnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, terasa hingga gedung DPR di Jakarta Pusat, Senin (21/11/2022). Roberth Rouw juga terlihat menertawakan reaksi Kepala BMKG Dwikorita Karnawat di ruang rapat.

Saat itu, Dwikorita langsung bersembunyi di kolong meja. Saat gempa terjadi, Komite V DPR menggelar Rapat Permusyawaratan (RDP) bersama Kepala BMKG dan Kepala Bappenas untuk mengevaluasi pelaksanaan APBN 2022, mengantisipasi kemungkinan kondisi cuaca ekstrem. dan pemaparan hasil rekapitulasi kunjungan kerja pada masa percobaan I tahun sidang 2022/2023.

Lalu, tepat saat Robert Rouw membuka rapat, tiba-tiba peserta di ruang rapat Komisi V DPR kaget. Sebaliknya, Robert Rouw malah tertawa.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.